Apakah Perbedaan Pipa HDPE dan PE?

Info Harga pipa HDPE

Tahukah Anda tentang jenis pipa yang biasa digunakan untuk aliran air? Pipa ini sekilas terbuat dari bahan plastik namun ternyata jenis plastik yang digunakan sangat sPEsifik dan punya kelebihan. Jenis bahan plastik ini mayoritas terbuat dari tipe HDPE atau PE. Nah, untuk itu kita akan bahas tentang perbedaan keduanya agar Anda tidak salah pilih pipa ya.

Definisi Pipa HDPE

Pipa HDPE adalah singkatan dari High Density Polyethylene, yang merupakan sebuah inovasi baru dalam dunia industri pengembangan bahan dasar plastik yang lebih baik. Bahan HDPE ini memang dibuat dari minyak bumi yang diekstrak sedemikian rupa sehingga terbentuk rantai bercabang untuk senyawa etena. HDPE ini berasal dari turunan plastik PE atau disebut dengan polyetilene. Polyetilene merupakan polimer yang berasal dari rantai panjang monomer etilene. Senyawa polyetilene dibuat dari proses polimerisasi radikal, polimerisasi ion koordinasi, polimerisasi adisi kationik, polimerisasi adisi anionik. Dengan proses tersebut maka nantinya akan dibuat beberapa barang turunan yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri. Karena bahan etena berasal dari minyak bumi dunia maka tentunya harga pipa HDPE ini mengikuti pergerakan harga minyak bumi dunia. 

Sifat yang nampak ketika menggunakan pipa plastik HDPE adalah kelenturan yang tinggi, temperatur mencapai 120 derajat dan cukup kuat bertahan dalam singgungan dengan zat kimia seperti :

Jangan heran jika pipa HDPE ini sedang banyak digunakan karena memang kualitasnya yang baik dan tahan dari suhu tinggi. Dengan pipa maka semua hal akan terasa lebih ringan dan mudah, jangan bicara soal harga yang sedikit tinggi tapi kualitasnya mencapai angka puluhan tahun akan dirasa lebih irit. 

Definisi Pipa PE

Pipa PE adalah polyetilene, yang merupakan jenis bahan yang terbuat dari minyak bumi dengan kelas pertama dan nantinya bisa diturunkan menjadi kelas kedua dengan komposisi dan proses yang berbeda. Plastik dari PE ini memang punya struktur kuat, anti retakan tinggi dan daya kekuatan yang tinggi pula. Pipa plastik PE ini bisa bertahan pada suhu 60 derajat celcius dan sering dipakai untuk wadah makanan, minuman hingga mainan anak-anak. Dari segi keamanan juga terbilang terstandar dan memang sangat disarankan sekali untuk wadah makanan dan minuman. 

Memang untuk PErbandingan dengan bahan HDPE, bahan PE lebih cenderung ringkih karena semakin banyak komposisi senyawa etena maka semakin berbahaya pula jika bersinggungan dengan panas. 

Ada pula bahan PE yang dipakai untuk pipa air namun memang sedikit berumur pendek ketimbang pipa HDPE, harganya juga lebih ekonomis. Hal ini, bisa dipakai jika Anda menggunakan pipa PE dengan frekuensi jarang seperti untuk mencuci kendaraan atau menyemprot tanaman. 

PErbedaan HDPE Dan PE

Dari definisi masing-masing di atas bisa kita simpulkan bahwa perbedaanya adalah pada:

Harga pipa HDPE ini mulai bisa dihitung dari diameter dan ketebalan, untuk pipa HDPE PN16 ketebalan 1,9 mm kisarannya Rp. 8.250 per meternya. Untuk membeli pipa ini dalam bentuk satu rol sepanjang 100 meter sehingga dalam satu rol dihargai Rp. 825.000. untuk ketebalan pipa 2,30 mm harga PEr meternya sekitar Rp. 10.600 sehingga harga per-rolnya Rp. 1.060.000. 

Pipa HDPE ini memang tidak selalu ada dan harus dipesan dahulu sesuai dengan kebutuhan, namun untuk stok siap selalu ada dan dengan ketebalan tertentu juga. Jika Anda ingin memesan sesuai kebutuhan maka minimal 1 bulan harus order dan DP dahulu mengingat harga bahan bakunya mengikuti  alur harga minyak bumi dunia. 

Cukup jelas ya tentang perbedaan pipa HDPE dan pipa PE?

Tulisan ini dipublikasikan di BLOG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *