Pipa HDPE Harga, Spesifikasi, dan Fungsi

Mungkin diantara anda sudah sering mendengar tentang pipa HDPE. Sebenarnya apa itu pipa HDPE? Pipa HDPE merupakan kepanjangan dari High Density Polyethylene. Pipa ini merupakan pipa plastik yang cukup sering digunakan sebagai pipa air dan gas. Pipa ini tergolong pipa plastik karena dibuat dari polymer yang berasal dari minyak bumi. Oleh karena itu harga pipa ini sangat dipengaruhi oleh harga minyak bumi.

High Density Polyethylene
Disebut sebagai polietilen karena polietilen ini merupakan suatu termoplastik yang sudah cukup sering digunakan oleh konsumen sebagai bahan kantong plastik. Hingga saat ini kira – kira ada sekitar 80 juta metrik ton kantong plastik yang diproduksi per tahunnya. Dilihat dari rumus kimianya, polietilen merupakan polimer yang terdiri atas gugusan monomer etilen. Seringkali kita mengetahui polietilen dari singkatannya yakni PE.

Rantai polietilen sendiri dibentuk melalui proses polimerisasi dari gugur etena. Biasanya melalui tahapan polimerisasi radikal, adisi anionik, adisi kationik atau ion koordinasi. Berbeda metode pembentukan akan menghasilkan jenis polietilen yang berbeda pula. 

High Density Polyethylene merupakan jenis polietilen termoplastik yang dibentuk dari minyak bumi. Untuk membuat 1kg High Density Polyethylene (HDPE) membutuhkan 1.75kg minyak bumi. Akan tetapi HDPE ini sebenarnya dapat di daur ulang serta memiliki simbol daur ulang bernomor 2. Volume produksi HDPE pada tahun 2007 bahkan sudah mencapai 30 ton. Jumlah yang sangat besar tentunya. 

Apa Saja Fungsi HDPE?
High Density Polyethylene (HDPE) cukup kuat terhadap bahan kimia sehingga penggunaan polietilen jenis ini cukup sering ditemui dalam berbagai hal seperti: kemasan susu, kemasan deterjen, meja lipat, kayu plastik, tanki bahan bakar, kantong plastik, kursi lipat, sistem perpipaan untuk proses transfer panas bumi, wadah yang digunakan untuk mengangkut bahan kimia, pipa air, sistem perpipaan untuk gas alam, papan luncur salju serta pembungkus kabel. 

Apa Kegunaan Pipa HDPE?
Lebih spesifik ke pipa High Density Polyethylene (HDPE), jenis pipa ini cukup umum digunakan sebagai pipa air, pipa untuk zat kimia, pipa air kotor, pipa gas, pipa biogas serta fungsi – fungsi lain di luar pipa. Sebagai pipa yang umum digunakan untuk air bersih, jenis pipa ini dianggap cukup aman sehingga tidak akan menimbulkan efek yang merugikan bagi kesehatan. 

Apa Saja Keunggulan Pipa HDPE?
Sebagai pipa yang cukup sering dipakai, anda bisa mempercayakan pipa anda dengan pipa HDPE. Tingkat kelenturan pipa ini cukup tinggi selain itu pipa ini juga cukup tahan dari benturan. Material termoplastik yang dipakai membuat pipa ini cenderung akan mengalami pengurangan kekuatan ketika temperatur dinaikkan. Untuk menjaga agar pipa ini tetap awet, sangat disarankan tidak menggunakan pipa HDPE diatas suhu 60ºC. Karena penggunaan suhu diatas suhu yang disarankan mengakibatkan terjadinya pengurangan tekanan kerja maksimal atau life time pada pipa HDPE.

Keunggulan lain yang dimiliki pipa HDPE yakni metode penyambungannya sudah menggunakan butt fusion. Dimana metode ini menggunakan mesin khusus untuk menyambung pipa serta keuntungan yang didapatkan lainnya yakni ukuran pipa cukup presisi. Dengan mesin khusus tersebut menyebabkan masing – masing bagian pipa memiliki kekuatan yang sama. Sehingga apabila pipa jenis HDPE digunakan untuk jaringan induk air bersih maka akan cukup cocok. 

Anda bahkan bisa menggunakan pipa HDPE sebagai solusi untuk penyaluran air di daerah rawan longsor atau daerah curam dengan keunggulan kekuatan yang dimiliki pipa HDPE. Kelenturan yang dimiliki oleh pipa HDPE pun bisa dihitung dengan menggunakan rumus sehingga anda bisa memperhitungkan kelenturan atau kemudahan pipa untuk ditekuk. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pipa HDPE merupakan jenis pipa yang cukup aman bagi lingkungan akibat ikatan antara molekulnya yang kuat sehingga tidak mudah rusak atau terpecah akibat zat kimia yang ada. Bahkan pipa HDPE sudah teruji dengan standar food grade yang cukup baik. Apalagi anda tidak akan menemukan proses perkaratan di pipa jenis ini sehingga cukup aman untuk digunakan. 

Pipa HDPE juga cukup ringan jika dibandingkan dengan pipa besi yang biasa digunakan, dengan bobot yang lebih ringan ini membuat proses pemasangan pun lebih mudah apalagi untuk anda yang ingin membuat saluran air. 

Jenis Pipa HDPE

Seperti produk pipa lainnya yang memiliki beragam jenis, maka pipa HDPE juga dibedakan menjadi beberapa jenis lain. Misalnya berdasarkan penggunaannya, pipa HDPE dibedakan berdasarkan penggunaan untuk saluran air bersih yang umumnya menggunakan pipa HDPE berwarna hitam dengan ukuran dimulai dari ½ inch hingga lebih dari 24 inch. Pipa HDPE yang digunakan untuk pembangunan saluran gas bertekanan pun juga berbeda dibandingkan pipa yang digunakan untuk saluran air. Pada pipa yang digunakan untuk saluran gas bertekanan umumnya menggunakan jenis pipa dengan warna dominan kuning. Terakhir, jenis pipa yang digunakan untuk melindungi kabel juga cukup berbeda dibandingkan pipa untuk saluran air serta pipa untuk saluran gas, umumnya untuk melindungi selongsong kabel dapat menggunakan jenis pipa HDPE tipe roll dengan panjang mencapai 100 meter per roll.

Jenis pipa HDPE berdasarkan kemasan produk juga cukup beragam. Umumnya pipa HDPE sering dikemas dalam dua bentuk yakni bentuk batang serta bentuk roll. Perbedaan keduanya ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan anda. Pipa HDPE jenis batang biasanya tersedia dalam ukuran 6 meter panjangnya, namun panjang ini masih bisa disesuaikan lagi menjadi 5.8 dan 11.8 untuk mempermudah proses pengiriman. Biasanya untuk memasang pipa HDPE jenis batang dapat menggunakan metode butt fusion dan menggunakan welding machine. 

Pipa HDPE Roll cukup sering digunakan dan biasanya dijual dengan panjang mencapai 500 meter bahkan hingga ratusan meter. Untuk menyambung pipa HDPE jenis ini anda dapat menggunakan welding machine atau mesin pemanas khusus untuk pipa jenis ini. 

Rata – rata Harga Pipa HDPE

Dengan keunggulan serta keawetan yang dimiliki pipa HDPE membuat harga pipa ini cukup bersaing jika dibandingkan pipa jenis lain. Pipa HDPE dengan diameter ½ inch biasanya dibandrol dengan harga mulai dari Rp 700.000-an per meter. Harga ini tentu saja akan bervariasi tergantung diameter yang dimiliki oleh pipa HDPE. Untuk pipa HDPE jenis batang misalnya, pipa HDPE yang memiliki diameter 2 inch dibandrol dengan harga lebih murah dibandingkan pipa HDPE jenis roll dengan harga mulai Rp 300.000-an. Harga pipa HDPE dengan diameter diatas 10 inchi pun terbilang cukup mahal yang mencapai Rp. 5.000.000-an per batangnya. Biasanya untuk pipa dengan satuan batang harga tersebut berlaku setiap 6 meter. Sebenarnya harga yang ditawarkan cukup murah apalagi dengan segala keunggulan yang ditawarkan oleh pipa HDPE.  Untuk mengetahui informasi dan promo terkait pipa HDPE anda bisa menghubungi penjual pipa HDPE terdekat di daerah anda dan dapatkan tawaran menarik.

Tulisan ini dipublikasikan di BLOG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *