Jenis Pipa HDPE Untuk Saluran Air Bersih Food Grade

pipa hdpe sangat direkomendasikan pada saluran air bertekanan yang memiliki standar food grade. Berasal dari bahan polyethylene, pipa HDPE cenderung lebih tangguh. Bahan baku tersebut memiliki massa jenis atau densitas lebih tangguh dibanding bahan baku lainnya. 

Jenis pipa HDPE

Pipa HDPE merupakan salah satu produk istimewa untuk saluran air bersih dengan standar food grade. Nama pipa HDPE sendiri diambil dari bahan baku pembuat pipa yaitu high density polyethylene (polietilena berdensitas tinggi). Material tersebut merupakan bagian dari bahan thermo plastik yang dibedakan berdasarkan aktifitas daur ulangnya. Pipa HDPE tidak mudah rusak karena memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan yang tinggi. Ikatan antar molekul yang sangat kuat antara satu sama lain menyebabkan jenis pipa ini memiliki tingkat keretakan yang rendah. 

Seperti jenis produk pipa lainnya, pipa HDPE juga terdiri dari berbagai jenis yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Pipa HDPE untuk pembangunan saluran air bersih. Pipa yang digunakan untuk kebutuhan ini memiliki karakter warna yang didominasi warna hitam. Ukuran yang tersedia mulai dari ½ inch hingga 24 inch. 
  2. Pipa HDPE untuk pembangunan saluran gas bertekanan. Jenis pipa untuk kebutuhan pembangunan saluran gas bertekanan didominasi warna kuning. Selain HDPE jenis material lainnya yang sering digunakan untuk kebutuhan serupa adalah MDPE. 
  3. Pipa HDPE untuk pelindung kabel atau selongsong. Selongsong umumnya menggunakan jenis pipa PVC, akan tetapi belakangan ini banyak yang beralih menggunakan pipa HDPE. Karakter bahan HDPE yang lentur, tahan terhadap benturan dan kuat membuat jenis pipa ini dapat bekerja maksimal dalam melindungi kabel. Pipa HDPE juga tersedia dalam bentuk roll dengan panjang 100 meter. 

Pipa HDPE juga dikelompokkan berdasarkan kebutuhan tekanan. Biasanya dipresentasikan dengan istilah Pressure Nominal (PN). Pressure Nominal diartikan sebagai tingkat kekuatan produk pemipaan terhadap tekanan. Berikut beberapa jenis pipa HDPE yang dikelompokkan berdasarkan Pressure Nominal-nya:

  1. Pipa HDPE PN-6.3, merupakan jenis pipa yang memiliki tekanan paling rendah. Ukuran yang tersedia mulai 3 inch hingga 24 inch. Jenis pipa ini tidak tersedia dalam bentuk roll dikarenakan memiliki tebal dinding yang terlalu tipis. 
  2. Pipa HDPE PN-10, merupakan jenis pipa yang paling sering digunakan untuk saluran air bersih bertekanan. Kekuatan tekanannnya hingga mencapai 10 bar atau 10kg/cm. Baik untuk saluran utama maupun saluran percabangan, pipa ini sangat cocok digunakan. Diameter pipa tersedia dari ukuran 1,5 inch hingga 24 inch. 
  3. Pipa HDPE PN-16, merupakan produk pipa PE 100 yang memiliki tekanan paling besar. Jenis pipa ini tersedia dalam semua ukuran, dari mulai ½ inch sampai 24 inch. Bentuknya juga tersedia dalam bentuk roll dan batang. 

Kemasan produk pipa HDPE umumnya dikemas dalam dua bentuk, yaitu roll dan batang. pipa hdpe kemasan batang tersedia dengan panjang 6 meter untuk setiap batang. Meskipun demikian, panjang pipa batang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ukurannya tersedia dari mulai 1,5 inch sampai 24 inch. Beberapa merek bahkan menyediakan ukuran hingga 30 inch. Prosedur penyambungannya dilakukan dengan metode butt fusion. 

Pipa HDPE kemasan roll tersedia dalam ukuran panjang 50 meter hingga ratusan meter untuk setiap gulungannya. Jenis pipa ini umumnya tersedia untuk ukuran pipa berdiameter sama dengan atau di bawah 4 inch. Prosedur penyambungannya menggunakan aksesoris khusus bernama compression joint. 

Penyambungan pipa HDPE

Penyambungan pipa HDPE umumnya dilakukan dengan mengambil manfaat dari karakter bahan baku thermo plastik yang akan meleleh saat dipanaskan dan mengeras saat didinginkan. Dengan kata lain, umumnya penyambungan pipa HDPE dilakukan menggunakan teknik pemanasan. Selain itu, pipa HDPE juga bisa disambung menggunakan tiga metode lainnya yaitu metode Mechanical Joint, metode Butt Fusion dan metode Electro Fusion.  Pipa HDPE memiliki kelebihan dibanding jenis pipa lainnya, salah satunya adalah memiliki bobot ringan. Dibanding pipa besi dengan asumsi efektifitas saluran air bersih, pipa HDPE memiliki bobot yang lebih ringan. Selain itu, pipa HDPE juga memiliki usia penggunaan yang panjang hingga 50 tahun. Untuk saluran air bersih berstandar food grade, gunakan dukungan dari pipa hdpe

Tulisan ini dipublikasikan di BLOG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *