MESIN HDPE MANUAL

Kelebihan, Kekurangannya, dan beberapa tipe mesin hdpe

Mesin HDPE manual adalah salah satu jenis dari mesin HDPE, untuk anda yang penasaran dengan  jenis mesin ini, berikut ini adalah ulasan mengenai penggunaan, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masin HDPE tenaga manual

Mengenal mesin HDPE

Sebelum membahas lebih dalam mengenai mesin HDPE tenaga manual, kita cari tahu terlebih dahulu mengenai mesin HDPE. mesin HDPE adalah sebuah mesin yang sangat populer dalam dunia pertukangan khususnya yang berhubungan dengan pipa hdpe. Mesin ini merupakan mesin yang sesungguhnya dibuat untuk menyambung pipa hdpe yang tersebut dari HDPE. akan tetapi dalam perkembangannya, mesin ini banyak digunakan untuk kebutuhan yang lainnya.

Tugas dan fungsi utama dari mesin HDPE ini adalah untuk menyambungkan pipa-pipa yang dibutuhkan dalam dunia bangunan. penyambungan pipa-pipa ini dilakukan dengan cara pemanasanhal inilah yang menyebabkan mesin HDPE juga banyak disebut dengan mesin las hdpe.

Akan tetapi meski memiliki cara kerja yang mirip dengan mesin las, keduanya memiliki perbedaan. mesin las adalah mesin yang digunakan untuk menyambungkan besi. Sedangkan mesin HDPE adalah mesin yang digunakan untuk menyambung plastik. Ya, pipa HDPE adalah pipa yang dibuat dengan menggunakan bahan plastik. Akan tetapi bahan ini memiliki ukuran yang cukup tebal sehingga untuk menyambungkannya memang tidak mudah untuk dilakukan.

Dengan menggunakan mesin HDPE  melakukan penyambungan ini menjadi lebih mudah dilakukan. untuk menyambungkan pipa yang anda inginkan anda bisa melakukannya dengan menggunakan Mesin HDPE manualataupun menggunakan masin HDPE otomatis.

Cara kerja mesin HDPE

Lalu bagaimana dengan cara kerja mesin HDPEini? untuk cara kerjanya, mesin HDPE ini memiliki cara kerja yang cukup mudah. mesin HDPE bekerja dengan pemanasan dan pendinginan karena bahan yang akan di kerjakan adalah bahan plastik. Untuk menyambungkan pipa HDPE, mesin HDPE ini melakukan pekerjaan dengan 4 langkah utama yaitu :

  • Penyerutan

Hal pertama yang menjadi langkah penggunaan HDPE adalah proses penyerutan. Proses penyerutan adalah sebuah proses yang digunakan untukmemberikan tekstur pada pipa HDPE. tekstur pada permukaan pipa HDPE ini merupakan tekstur yang sengaja dibuat untuk memudahkan perekatan pipa. Pipa yang permukaannya sudah diserut akan menjadi lebih mudah di lekatkan jika dibandingkan jika permukaan pipa yang lebih licin.

  • Pemanasan

Setelah permukaan pipa menjadi lebih bertekstur, maka langkah selanjutnya yang akan digunakan adalah melakukan pemanasan. Pemanasan dilakukan untuk membuat pipa HDPE meleleh. Pelelehan pipa HDPEini dilakukan agar penempelan bisa dilakukan. pemanasan dilakukan pada permukaan yang sudah di serut sebelumnya.

  • Pendorongan

Jika sudah dipanaskan, langkah selanjutnya pipa HDPEyang sudah dipanaskan ini  didorong dengan bagian pendorong yang dimiliki oleh meski HDPE. bagian pendorong ini dapat menekan pipa-pipa HDPE besar agar bisa lebih menempel satu dengan yang lainnya.

BEBERAPA MACAM MESIN HDPE MANUAL :

  • MESIN HDPE MANUAL SERI ATS 160 & 200 – M 2C

Mesin Hdpe seri ATS 160 – M 2C adalah jenis mesin hdpe seri manual yang memiliki 2 clamp ragum penjepit pipa hdpe. mesin hdpe ini digunakan untuk menyambung pipa hdpe secara manual berdiameter : 50mm – 160mm.

  • MESIN HDPE MANUAL SERI ATS 160 & 200 – M 4C

Mesin Hdpe seri ATS 160 – M 4C adalah jenis mesin hdpe seri manual yang memiliki 4 clamp ragum penjepit pipa hdpe. mesin hdpe ini digunakan untuk menyambung pipa hdpe secara manual berdiameter : 63mm – 160mm.

  • Pendinginan

Setelah pipa didorong dengan daya yang dimiliki oleh masin HDPE maka proses yang dilakukan adalah proses pendinginan. Proses pendinginan ini dilakukan untuk membantu bagian pipa yang tadinya lembek dan cair menjadi padat kembali. Proses ini merupakan proses yang sangat penting sehingga ketika anda mencari mesin HDPE pastikan mesin yang anda pilih memiliki kualitas sehingga proses pendinginan dapat dilakukan dengan baik.

Proses pendinginan yang baik dapat membuat pipa sambung HDPE yang andamiliki dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama. waktu hidup dari sambungan pipa HDPE yang berkualitas bisa bertahan sangat panjang. yaitu lebih dari 50 tahun.

Mesin  HDPE Manual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mesin HDPE bisa ditemukan dalam bentuk Mesin HDPE manualdan juga mesin HDPEotomatis. mesin HDPE tenaga manual  adalah sebuah pipa yang digerakkan dengan menggunakan tenaga manusia. pada ulasan  yang sudah disebutkan di atas, anda tahu bukan jika pipa HDPE adalah mesin yang kegiatan utamanya adalah pemanasan, pendorongan dan juga pendinginan.

Nah, yang membedakan antar mesin HDPE tenaga manual dengan pipa HDPE otomatis adalah tenaga yang digunakan dalam melakukan pendorongan. Pada pipa HDPE tenaga manual, pendorongan dilakukan secara manual dengan menggunakan tenaga manusia. sedangkan pada meski otomatis, pendorongan pipa dilakukan secara langsung oleh mesin. Biasanya mesin sambungan pipa HDPE otomatis menggunakan sistem hidrolik agar tekanan atau dorongan yang bisa didapatkan lebih kuat.

Pada pipa HDPE tenaga manual, dorongan dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia langsung atau bisa juga dilakukan dengan menggunakan tuassehingga pendorongan bisa lebih mudah untuk dilakukan. Meski ada perbedaan mengenai cara dorongnya, Mesin HDPE manualdan pipa HDPE otomatis memiliki hasil yang cukup mirip asalkan pendorongan dengan tenaga manual bisa dilakukan dengan maksimal.

Jenis mesin HDPE tenaga manual ini merupakan jenis pipa HDPE yang  tradisional dan lebih banyak digunakan pada pengerjaan pipa HDPE dalam skala yang kecil dan menengah. Penggunaan dari mesin HDPE tenaga manual  ini hingga kini masih sangat populer. hal ini disebabkan karena mesin HDPE tenaga manual ini memiliki kelebihan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin HDPE Manual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mesin HDPE tenaga manual merupakan mesin yang memiliki kelebihan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan penggunaan pipa HDPE otomatis. kelebihan dari mesin HDPE tenaga manual ini dibandingkan dengan mesin  HDPE yang berjalan secara otomatis yang pertama adalah mengenai harga yang dimilikinya.

mesin HDPE tenaga manual memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan pipa HDPE otomatis. hal ini disebabkan karena mesinHDPE tenaga manual ini memiliki bagian atau komponen yang lebih sedikit sehingga harganya sudah pasti lebih murah. harga dari mesin HDPE tenaga manual yang lebih murah inilah yang menyebabkan penggunaan dari mesin HDPE tenaga manual hingga kini masih sangat banyak digunakan.

Akan tetapi jika anda menggunakan mesin HDPE tenaga manual maka tenaga yang digunakan akan lebih besar. dengan penggunaan tenaga yang lebih besar maka jumlah pipa yang bisa di sambung dengan menggunakan mesin HDPE tenaga manual ini menjadi lebih sedikit. hal ini menyebabkan penggunaan dari mesin HDPE tenaga manual ini tidak cocok untuk bisnis yang sudah besar. masalah ini menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh mesin HDPE tenaga manual ini.

selain itu, ketika anda menggunakan mesin HDPE tenaga manual maka anda perlu membayar jasa yang lebih besar. jasa yang diperlukan untuk menyambung pipa HDPE dengan menggunakan mesin HDPE tenaga manual ini tentu saja lebih besar dan lebih mahal sehingga membuat biaya operasional penyambungan pipa ini menjadi lebih tinggi. Nah, demikian ulasan mengenai mesin HDPE tenaga manual, kelebihan kekurangannya dan juga cara penggunaannya. Semoga informasi mengenai mesin HDPE tenaga manual ini dapat memberikanpengetahuan sehingga anda lebih memahami penggunaan dari Mesin HDPE manual ini.