Penjelasan lengkap pipa hdpe ; Jenis, fungsi dan keunggulannya.

Apa itu Pipa hdpe?

Bagi kamu yang masih awam mengenai masalah saluran dan sambungan air, pipa hdpe merupakan salah satu alat yang biasanya digunakan sebagai penyalur air. Pipa jenis hdpe ini merupakan salah satu yang sering digunakan, karena berfungsi dengan baik. Pipa hdpe ini sering juga disebut sebagai pipa PE, merupakan produk yang biasanya digunakan untuk menyalurkan kebutuhan air bersih. Yang perlu digarisbawahi adalah pipa ini aman untuk digunakan sebagai perantara air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, karena memang bahan penyusunnya sudah memiliki standard food grade. Pipa hdpe terbuat dari material yang berbahan dasar minyak bumi, karena itu bisa memenuhi standar kebersihan dan keamanan air bersih. Bukan hanya sebagai penyalur air bersih, pipa ini ternyata juga berfungsi untuk menyalurkan gas dengan tekanan dan juga menjadi pelindung untuk saluran berkabel.

Keunggulan pipa hdpe

Selain sudah sesuai dengan food grade standard, pipa hdpe ini juga ternyata memiliki beberapa keunggulan lainnya. Misalnya saja seperti bahan penyusunnya yang memiliki tingkat densitas tinggi, atau biasanya disebut dengan high density polyethylene. Bahan Ini diketahui memiliki daya tahan yang sangat baik, sebab terbukti memiliki ketahanan dan kelenturan yang tinggi.

Keunggulan lainnya adalah karena bahan pipa hdpe ini diketahui juga memiliki bahan penyusun dengan kemungkinan keretakan yang sangat rendah. Hal ini disebabkan karena memang molekul-molekul yang terdapat di dalam bahan penyusunnya sangat solid dan bisa mengikat dengan kuat. Pipa hdpe ini kemudian digunakan sebagai penyalur air bersih, sebab tidak gampang rusak, sehingga tidak gampang menyebabkan pencemaran terhadap bahan-bahan makanan, inilah yang dimaksudkan dengan lulus standar food grade.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh pipa jenis hdpe ini adalah memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi, karena itu ia tidak gampang rusak, dan bisa mengikuti kontur daerah tempat pemasangannya. Sehingga apakah itu di daerah berbatu, atau mungkin berpasir serta berbukit-bukit sekalipun, pipa hdpe ini tetap bisa dijadikan penyalur air.

Fleksibilitas pipa hdpe juga teruji bukan hanya di kontur dan struktur tanah, tapi juga pada keadaan cuaca. Pipa ini bahkan bisa tahan di lingkungan yang panasnya mencapai suhu 60 derajat celcius. Oleh karena itu tidak heran mengapa pipa hdpe ini merupakan salah satu yang sering digunakan di daerah-daerah tropis di Indonesia. Ia memang tidak gampang rusak karena perihal suhu dan lingkungan.

Jenis-jenis pipa hdpe

Jika berbicara mengenai jenis-jenis pipa hdpe, sebenarnya pipa ini memiliki beragam jenis, hampir sama dengan jenis pipa lainnya. Pipa hdpe memiliki beragam jenis produk. Hal ini ditujukan agar pipa yang ramah dan berstandar ini bisa digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan. Adapun jenis-jenis pipa hdpe dikelompokkan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu berdasarkan kegunaannya, berdasarkan jenis kemasan produknya, dan berdasarkan kebutuhannya akan tekanan. Namun pada artikel kali ini yang akan dibahas hanya fungsi pipa hdpe terkait dengan kegunaannya.

Jenis pipa hdpe berdasarkan kegunaannya

Untuk kegunaannya, pipa hdpe memiliki 3 jenis, yaitu :

Sebagai penyalur air bersih : Biasanya pipa hdpe yang dibutuhkan untuk kegunaan ini adalah yang memiliki ukuran relatif berkisar antara setengah inci hingga lebih dari 24 inci. Pipa hdpe yang berguna menyalurkan air bersih didominasi warnanya oleh warna hitam.

Sebagai penyalur untuk gas yang bertekanan : Untuk fungsi kali ini pipa hdpe yang digunakan biasanya memiliki warna umum kuning. Digunakan karena memang memiliki kualitas bahan yang rapat dan fleksibel.

Sebagai pelindung atau selongsong kabel : untuk fungsi yang satu ini pipa hdpe dipilih menjadi selongsong kabel dikarenakan memiliki bahan penyusun yang begitu lentur. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pipa ini tahan terhadap tekanan suhu dan juga bisa beradaptasi dengan kontur permukaan yang tidak rata. Pipa hdpe juga ternyata sangat tahan banting apabila digunakan untuk menghadapi benturan. Karena itulah pipa ini biasanya dipakai untuk melindungi kabel dan saluran lainnya, selain menggunakan pipa yang berjenis PVC.

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai pipa hdpe, dimulai dari pengertiannya, kemudian bahan penyusunnya, lalu kelebihan-kelebihan yang menjadikannya sering digunakan, hingga jenis-jenisnya sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Tulisan ini dipublikasikan di BLOG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *