PIPA HDPE RUCIKA

RUCIKA WAVIN BLACK

Merupakan sistem perpipaan yang terpercaya untuk aplikasi air minum dengan karakteristik yang istimewa karena terbuat dari polyethylene (PE). Materialnya memiliki tingkat keretakan yang rendah dan elastisitas yang tinggi sehingga memiliki life time lebih dari 50 tahun. Material Pipa HDPE yang digunakan adalah sejenis PE-100, dengan design stress 8 MPa. Pipa HDPE Wavin Black tersedia dalam bentuk batangan dan gulungan (coil), sehingga mempermudah dalam proses transportasi dan instalasi. Sistem penyambungan WAVIN BLACK memiliki beberapa macam alternatif, yaitu ; Fusion Welded Joints ( Butt Fusion dan Electro Fusion) dan Mechanical Compression Joints.

KEUNGGULAN DAN MANFAAT

  • Kualitas Internasional
  • Di bawah pengawasan / lisensi wavin, BV Holland
  • Fleksibel
  • Merupakan pipa dengan  daya lentur yang tinggi, sehingga dapat digunakan di daerah berbukit, rawan gempa, dan rawa-rawa
  • Tahan Terhadap Retak  
  • Dibuat dari bahan polyethylene yang memiliki sifat crack resistance yang tinggi
  • Tahan Terhadap Bahan Kimia
  • Memiliki daya tahan yang istimewa terhadap berbagai bahan kimia, baik dalam kondisi asam maupun basa kuat
  • Ringan
  • Mudah dalam transportasi dan pemasangan
  • Tahan Karat
  • Dibuat dari bahan Polyethylene yang bersifat non-corrosive
  • Tahan terhadap suhu rendah
  • Memiliki brittleness point ( titik rapuh ) jauh di bawah 00 C, sehingga tidak ada masalah dalam pemasangan maupun penggunaannya dalam suhu rendah
  • Variatif dalam metode penyambungan
  • Tersedia berbagai pilihan dalam metode penyambungan
  • Tahan terhadap segala cuaca
  • Dibuat dari bahan Polyethylene yang tahan terhadap segala kondisi cuaca yang ekstrem
  • Tahan abrasi dan sedimentasi
  • Karna permukaan dalam pipa yang licin sehingga dapat meminimalisir terjadinya abrasi dan sedimentasi
  • Pemakaian jangka panjang
  • Pipa polyethylene di desain dengan lifetime lebih dari 50 tahun
  • Pemuaian dan Penyusutan

MATERIAL PROPERTY

PEMUAIAN DAN PENYUSUTAN

Polyethylene mempunyai koefisien pemuaian linear sekitar 1.3 x 10 -40C, lebih besar dari pipa besi. Pemuaian adalah salah satu factor penting yang harus diperhatikan pada saat mendesain jaringan pipa dimana perbedaan temperature terjadi, khususnya pengerjaan pipa diatas tanah. Pemuaian pipa akan lebih praktis di mengerti sebagai nilai 1.3mm/100C/m. pada instalasi pipa diatas tanah hal yang harus di perhatikan secara cermat adalah posisi dari support bracket, titik-titik pada belokan pipa dan penggunaan fully end load bearing joints, dimana kemungkinan pemuaian dan penyusutan pipa akan terjadi. Bila sistem perpipaan menggunakan fitting non-end load bearing maka sangat penting meyakinkan bahwa fitting sudah aman terpasang untuk mencegah pipa terlepas. Pada instalasi jaringan pipa baru di bawah tanah, di haruskan menstabilkan suhu lingkungan sekitar sebelum melakukan akhir penyambungan, pengurukan tanah sebagian pada pipa akan membantu meminimalkan efek dari sinar matahari langsung ke jaringan pipa yang ada.

TINGKAT TEKANAN HDPE (PE-100)

PIPA HDPE RUCIKA (PE-100) mempunyai minimum required strength (MRS) sebesar 10 Mpa, nilai ini di peroleh dari statistic ekstrapolasi desain material PE selama 50 tahun dengan LCL (Lower Confidence Limit) 97,5% . hidrostatik design stress untuk material HDPE (PE-100) ditentukan dengan menerapkan safety factor terbesar 1.25 . Dikarenakan industry air membutuhkan design life minimal 50 tahun, maka design stress material HDPE untuk PE 100 adalah 8 MPa.

TEKANAN OPERASIONAL UNTUK PENGGUNAAN SUHU TINGGI

Polyethylene adalah material thermoplastic yang akan mengalami pengurangan kekuatan pada saat ada peningkatan temperature. Tekanan kerja maksimum untuk pipa HDPE adalah 200C, diatas 200c akan mengakibatkan pengurangan tekanan kerja maksimu atau life time. Sistem pipa HDPE tidak boleh dioperasikan diatas 600C. Grafik di samping memperlihatkan factor pengurangan untuk di terapkan ke tekanan kerja maksimum di 200C.

APLIKASI SISTEM

Dengan karakteristik yang istimewa, memungkinkan RUCIKA WAVIN BLACK digunakan memiliki keunggulan-keunggulan yang lebih dibandingkan dengan pipa-pipa yang terbuat dari bahan lain, keunggulan ini pada dasarnya karena daya lenturnya yang tinggi dan persenyawaannya yang sempurna pada sambungannya.

Jaringan Pipa HDPE air laut

Penggunaan PIPA HDPE RUCIKA pada instansi bawah laut akan menghasilkan sistem pipa yang tangguh. Sifat lenturnya membuat pipa RUCIKA WAVIN BLACK mampu menahan beban yang timbul selama terapung, karena ombak dan arus air yang ada pada saat pemasangannya. Dengan hasil sambungan yang bersenyawa, memungkinkan pipa RUCIKA WAVIN BLACK dengan mudah dan cepat disambung di lapangan. Keunggulan-keunggulan inilah yang merupakan factor utama yang harus diperhitungkan untuk pemasangan pipa di daerah-daerah yang sangat sulit.

Relining dengan Pipa RUCIKA WAVIN BLACK

RILINING PIPA HDPE

Untuk Relining jaringan pipa drainase dan air minum, penggunaan pipa WAVIN BLACK sangat disarankan, karena kelenturan dan kemampuan bersenyawa pada sambungannya yang luar biasa. Karena, kelenturan dan kemampuan bersenyawa pada sambungannya yang luar biasa. Karena persenyawaan tersebut, maka instalasi pipanya akan memiliki sambungan yang kekuatannya sama dengan kekuatan pipanya sendiri.

Pipa RUCIKA WAVIN BLACK dapat dengan mudah dilekungkan sampai radius 25kali diameter luarnya, hal ini karena daya lenturnya yang tinggi.

Di samping itu karena bobotnya yang ringan, penanganannya lebih mudah. Pengalaman membuktikan bahwa sistem relining sangat efektif dalam usaha penekanan waktu dan biaya. Hal ini yang selalu di perhitungkan pada setiap rencana renovasi terhadap kerusakan pipa.

Di daerah perkotaan factor penghambat lalu lintas pada saat relining jaringan pipa dapat di minimalisasi di samping biayanya yang rendah.

Pada pemasangan jaringan pipa yang melewati jalan terowongan dimana persyaratan kekuatan pipa, kemampuan daya rentang dan kelenturan merupakan persyaratan utama, PIPA HDPE RUCIKA selalu memenuhi tuntutan ini.

Pemasangan di Daerah Sulit

Banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk pemasangan pipa di daerah genangan air, rawa-rawa, daerah rawan gempa, daerah labil dan sebagainya, karena beban pada pipa akan sangat besar, untuk pemasangan pipa di daerah yang sulit, biasanya titik berat penekanannya adalah pada kelenturan pipa yang akana sangat berpengaruh pada lifetime. Pemasangan pipa di daerah sulit, berakibat sulitnya mendapatkan piapa yang sesuai dengan persyaratan yang di butuhkan. Ditambah lagi bila pada saat pemasangan di pengaruhi oleh lamanya terapung, disini di tuntut adanya pipa yang mempunyai daya lentur tinggi, extra kuat dan kekuatan tarik yang besar pada sambungannya.

PIPA HDPE RUCIKA adalah jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah dan tantangan tersebut, karena kondisi pemasangan yang sulit memerlukan sistem pipa yang dapat diandalkan

PROSES PENYAMBUNGAN PIPA HDPE

Sistem penyambungan ada 3 jenis, Mechanical Joint direkomendasikan hanya untuk penyambungan Pipa HDPE dengan diameter 20mm sampai dengan diameter 63mm, untuk diameter yang lebih besar menggunakan sistem Butt Fusion, sedangkan untuk Electro Fusion direkomendasikan untuk penyambungan repairing.

MECHANICAL JOINT

Proses penyambungan mekanikal ( Mechanical Joint ):
1. Bukalah Fitting Compression Collar dan lepaskan Union dan Ring penjepit
2. Pasanglah Union dan Ring penjepit ke ujung Pipa HDPE
3. Pasang kembali Compression Collar dan kencangkan dengan tangan atau alat pengencang standar
4. Lakukan hal yang sama pada Pipa HDPE lainnya yang akan disambung

Cara penyambungan Pipa HDPE menggunakan Fitting Compression

BUTT FUSION.

Proses penyambungan Butt Fusion ( disarankan untuk diameter 63mm ke atas ) :
1. Pasanglah ujung – ujung Pipa HDPE yang akan disambung di alat / Mesin Butt Fusion. kencangkan bagian alat penjepitnya, sampai ujung Pipa HDPE berada dalam satu sumbu.
2. Ratakan ujung – ujung Pipa HDPE dengan alat perata elektrik yang ada pada bagian mesin hdpe sampai kedua ujung pipa hdpe benar – benar rata dan bersih.
3. Pasanglah plat pemanas diantara ujung – ujung pipa hdpe dan panaskan plat pemanas sampai titik senyawanya -/+ 220 Drajat.
4. sambungkan dan tekanlah kedua ujung pipa hdpe yang sudah dipanaskan sampai tekanan persenyawaan yang sesuai.

Cara penyambungan Pipa HDPE menggunakan Fitting Segmented

ELECTRO FUSION

Proses penyambungan electro fusion :
1. Bersihkan ujung – ujung pipa hdpe yang akan disambung.
2. Pasang ujung – ujung pipa hdpe yang akan disambung ke electro fitting.
3. Hubungkan electroda yang ada di electro fusion ke electro fitting dan hidupkan.
4. Persenyawaan sambungan telah terjadi apabila warna kuning indikator terlihat jelas.

Cara penyambungan Pipa HDPE menggunakan Fitting Electrofusion
Penyambungan Pipa HDPE Menggunakan mesin buttfusion manual
Penyambungan Pipa HDPE Menggunakan mesin HDPE
Penyambungan Pipa HDPE Menggunakan mesin HDPE hydraulic