pipa hdpe untuk air

Resiko salah memilih pipa hdpe untuk air

pipa hdpe untuk air 

Di Indonesia perihal penyaluran air bersih memang menjadi salah satu pembahasan penting. Kondisi daerah yang terpisah dalam bentuk pulau-pulau, dengan topografi berbeda-beda memang menjadikan perihal penyebaran air bersih menjadi sesuatu yang krusial. Apalagi kebutuhan air bersih adalah kebutuhan primer yang harus terpenuhi dengan cukup. Salah satu bahasan dalam hal ini adalah terkait dengan media penyalurnya. Salah satu jenis pipa yang biasanya digunakan untuk menyalurkan air bersih adalah pipa hdpe.

Namun pipa hdpe sebenarnya bukan hanya berfungsi sebagai penyalur air bersih, sebab ia juga bisa digunakan untuk menyalurkan air limbah, bahkan untuk air yang bertekanan tinggi.

Fungsi pipa hdpe

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pipa hdpe merupakan salah satu jenis pipa yang biasanya digunakan untuk kebutuhan penyaluran air. Biasanya pipa ini juga berfungsi untuk menyalurkan air kotor pada tempat yang telah ditentukan. Selain mengalirkan air bersih dan air kotor, pipa hdpe juga biasanya berfungsi untuk menyalurkan jenis fluida lainnya, seperti udara dan gas bertekanan. Karena itulah kemudian pipa hdpe dibentuk dengan material dengan tingkat density yang mumpuni. Hal ini bertujuan agar pipa hdpe tahan terhadap berbagai macam gempuran di lapangan, misalnya seperti kondisi permukaan yang bergelombang, suhu yang sangat panas, dan sebagainya.

Walaupun begitu, pipa hdpe ini sudah dibekali dengan jaminan bahan baku yang sudah lulus uji food grade standard. Hal ini mengindikasikan jaminan mutu dari pipa hdpe, yang aman digunakan untuk menyalurkan bahan makanan. Sebab tahan terhadap kerusakan dan pencemaran.

Kerugian salah pemilihan pipa hdpe untuk air

Perihal memilih pipa untuk mengalirkan air sesungguhnya bukanlah perkara yang sepele. Sebab jika terjadi kebocoran di tengah jalan, maka akan memerikan efek secara simultan. Keadaan pipa yang menyambung satu sama lain menjadikan masalah di pipa yang satu akan memengaruhi kinerja penyaluran secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan kerugian yang bisa terjadi jika salah memilih pipa penyalur air :

1. Air tidak bisa sampai ke tempat yang telah direncanakan.

2. Adanya kerusakan pada pipa penyalur air menjadikan jaminan atas kebersihan dan kesterilan air tidak lagi bisa dipastikan. Sehingga bisa jadi kualitas air yang ada malah memburuk dan jadi tidak layak digunakan.

3. Jika yang disalurkan adalah jenis fluida lainnya, misalnya seperti air kotor, lalu terjadi kebocoran di tengah jalan, maka akibat buruknya adalah terjadi pencemaran pada lingkungan. Tentu hal ini merupakan resiko besar dan sepatutnya sangat dihindari. Limbah yang terbawa jangan sampai tumpah dan memberikan efek pada lingkungan.

4. Kerugian lainnya adalah dikarenakan kualitas pipa yang buruk, kita tidak bisa berharap banyak pada ketahanan dan kekuatannya. Bisa jadi masa gunanya sangat singkat dan sudah tidak layak pakai lagi. Atau yang lebih buruk, bisa saja pipa tiba-tiba retak atau pecah ketika tengah digunakan.

5. Berkurangnya debit dari fluida yang disalurkan. Kerusakan pada penggunaan pipa sangat beresiko menghilangkan banyak debit air di tengah jalan. Dan ini adalah efek yang sangat merugikan, terlebih lagi bagi daerah berbatu dan kering yang susah mendapatkan pasokan air bersih.

Itulah beberapa konsekuensi atas penggunaan pipa penyalur air yang salah. Biasanya untuk mengurangi adanya resiko atau kejadian seperti di atas, dilakukan beberapa riset dulu mengenai kebutuhan dan pipa yang cocok untuk digunakan. Kamu bisa melakukannya dengan mencaritahu jenis fluida yang akan dialirkan. Hal ini sangat penting agar pipa yang dipilih tidak salah fungsi. Jenis pipa air sendiri ada banyak macamnya, sengaja dibuat seperti itu karena memang jenis fluida bukan hanya satu adanya.

Sebelum memutuskan jenis pipa air yang digunakan, kamu harus mengetahui dulu apakah jenis fluida yang dialirkan adalah air bersih atau malah limbah yang sifatnya kotor? Lalu apakah cairan yang akan ditampung merupakan air dengan suhu tinggi atau tidak?

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai pipa hdpe untuk air, dan resiko dalam memilih pipa air yang salah. Jangan lupa untuk selalu jeli dan teliti memilih jenis pipa hdpe!

Tulisan ini dipublikasikan di BLOG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *