Serba Serbi Aksesoris Pipa HDPE

Kini tersedia banyak jenis pipa yang tentunya masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Dan salah satunya adalah Pipa HDPE ini adalah sistem perpipaan yang sudah terpercaya dan juga memiliki karakteristik yang istimewa. Pipa HDPE ini sesuai untuk aplikasi air minum yang bertekanan karena terbuat dari Polyethylene. Material dari Pipa HDPE memiliki tingkat keretakan yang rendah, elastisitas yang tinggi sehingga memiliki life time lebih dari 50 tahun, Daya tahan impact yang tinggi. Tidak hanya itu namun juga pipa ini tersedia dalam bentuk batangan dan juga gulungan yang dapat mempermudah proses transportasi dan instalasi.

Pipa HDPE memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

  • Tahan Korosi yaitu tahan terhadap kimia dan elektron korosi yang dapat menyebabkan karat pada metal.
  • Tidak Beracun atau tidak mengandung bahan logam berat dan juga tidak tercemari Bakteri.
  • Tahan terhadap sinar Ultra violet
  • Tahan lama yang dapat mencapai 50 tahun dan tentunya dengan jika digunakan dengan tepat.
  • Penyambungan pipa dapat diluar parit dan tidak memerlukan material khusus untuk menimbunnya.
  • Fleksibel dan bisa ditekuk hingga dikemas dalam rol.
  • Tahan terhadap tekanan dan tahan pecah
  • Mudah dan Instalasi serta ringan sehingga mudah dalam proses pemasangan.
  • Berbagai variasi sistem penyambungan.

Pipa HDPE dapat diaplikasikan :

  • Saluran pipa pembuangan
  • Air PAM / PDAM
  • Cairan pada industri
  • Cairan Kimia
  • Pipa saluran UAP Dan Gas
  • Pipa Duct Kabel listrik dan telekomunikasi

Dan untuk membangun jaringan saluran air yang ideal maka tentunya membutuhkan aksesoris pipa yang tepat dan berkualitas. Dan untuk aksesoris pipa HDPE maka harus disesuaikan dengan kebutuhan. Dan Fungsi aksesoris HDPE adalah :

1.      Menyambung jalur pipa HDPE dengan aksesoris non – Hdpe

2.      Membangun jalur belokan

3.      Membangun jalur percabangan

4.      Mendukung metode Penyambungan

5.      Menyambung pipa HDPE dengan jenis pipa lain

6.      Menyambung antar pipa

Beberapa Aksesoris pipa HDEP

Fitting HDPE ( Compression Joint )

Merupakan aksesoris yang terbuat dari bahan polyproiline yang tahan panas dan juga memiliki tingkat keretakan yang rendah. Dan alat ini memiliki bagian penjepit yang dapat mengikat bagian pipa yang akan disambung. Aksesoris ini juga dilengkapi dengan gelang karet di bagian dalam yang dapat berfungsi untuk mencegah saluran air mengalami kebocoran, terutama pada bagian sambungan.

Aksesoris mechanical Joint didesain untuk jenis pipa HDPE roll dan cocok untuk digunakan pada instalasi pipa didaerah sulit.

Fitting HDPE ( Electro Fusion )

Merupakan aksesoris yang memiliki kumparan tembaga pada bagian dalam aksesoris. Dan ini berfungsi untuk mengkonversi energi listrik menjadi panas. Inilah yang akhirnya melelehkan bagian dalam fitting dan juga pada luar pipa secara bersamaan. Di dalam pemanfaatannya sistem penyambungan dan juga aksesoris jenis ini sangat direkomendasikan untuk saluran gas yang bertekanan. Maka dari itu sangat cocok untuk pipa HDPE dan juga pipa MDPE dan pipa PPR.

Fitting HDPE ( Butt Fusion )

Butt Fusion merupakan metode penyambungan yang dilakukan antara ujung ke ujung dan metode ini dilakukan menggunakan teknik pemanasan dengan menggunakan welding machine. Dan untuk mendukung jenis penyambungan pada pipa HDPE maka dibutuhkan aksesoris dengan bahan yang sama  yaitu High Density Poluthilene. Ada dua jenis aksesoris yang dapat digunakan yaitu jenis Infection moulding yang merupakan aksesoris cetakan pabrik yang bahannya PE- 100. Dan memiliki warna dominan adalah hitam.

Atau jenis aksesoris Segmented yaitu Fitting HDPE yang berbahan Pipa HDPE. Dan bahan baku pipa dipotong dan juga dibentuk sedemikian rupa sehingga didapat aksesoris seperti Tee, Elbow, dan lain sebagainya.

Dan itulah beberapa aksesoris Pipa HDPE yang berdasarkan dengan metode penyambungan. Aksesoris tersebut disesuaikan dengan penyambungan pada pipa. Untuk pipa HDPE metode penyambungannya sangat bervariasi dan juga membutuhkan teknik Butt fushion, Electro Fusion dan juga metode Mechanical joint yang dapat dilakukan tanpa menggunakan lem dan juga menggunakan mesin penyambung. Dan pipa membutuhkan beberapa aksesoris untuk teknik penyambungannya agar dapat terhubung dengan sempurna, serta memberikan keamanan.

Tulisan ini dipublikasikan di BLOG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *