Tips Memilih Pipa HDPE Yang Tepat dan Andal

Pipa HDPE ini merupakan jenis pipa dalam tanah yang dipasang untuk menyalurkan air. Pipa ini haruslah berkualitas bagus agar bisa bertahan lama saat dipasang di dalam tanah. Untuk membantu Anda dalam pemilihan pipa air ini, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam pembelian pipa ini. 

  1. Memahami Jenis Pipa 

Pipa HDPE ini adalah jenis pipa yang sesuai dan tepat dalam hal perpipaan. Pipa ini mempunyai kualitas yang sangat luar biasa. Walaupun pipa ini ditanam di dalam tanah dengan akses lokasi yang sangat sulit, pipa ini ternyata bisa bertahan sangat lama. Untuk membeli pipa jenis ini sebaiknya Anda memahami jenis pipanya terlebih dulu. Ada berbagai jenis pipa yang dijual di pasaran. Pipa PE-100 merupakan jenis pipa yang tepat. Pipa ini sering disebut dengan HDPE. Tetapi, masih ada jenis pipa lainnya seperti pipa besi dan PVC. Setiap pipa tersebut mempunyai ciri yang berbeda –beda sehingga Anda harus paham kegunaannya. 

Pipa HDPE merupakan jenis pipa yang paling sering digunakan untuk pengaliran dan proyek air bersih di Indonesia. Pipa ini memiliki kelebihan yang berbeda dibandingkan pipa lainnya. Pipa ini sangat lentur dan kuat sehingga tak mudah berkarat dan rusak bila dipakai dalam waktu yang lama. Pipa ini biasanya dijual dalam gulungan yang cukup panjang sehingga Anda bisa memakainya tanpa memakai banyak fitting. Keunggulan pipa ini juga bisa dipakai dalam kurun waktu yang lama. Bahkan pipa ini bisa bertahan sampai 50 tahun lamanya. 

  1. Memahami Spesifikasi Pipa 

Langkah selanjutnya untuk membeli pipa jenis HDPE adalah dengan memperhatikan spesifikasinya. Ada berbagai jenis merk pipa di pasaran yang bisa Anda pilih. Setiap merk pipa pastinya mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda juga sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebelum Anda membeli pipa ini, maka Anda bisa mempelajari spesifikasi yang ditawarkan dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Produk pipa jenis HDPE ini merupakan pipa berkualitas unggul yang mana pipa ini tak akan terpengaruh terhadap suatu benturan tiba-tiba, tak mudah bocor, dan tak mudah pecah. Bila pipa yang Anda pilih menawarkan hal-hal tersebut maka bisa dijamin kualitasnya mumpuni. Anda juga harus memperhatikan diameter pipa yang hendak Anda beli sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan proyek air bersih. 

2.Melihat Ketahanan dan Kekuatan Pipa 

Saat Anda hendak membeli pipa, maka Anda bisa memperhatikan ketahanan dan kekuatan pipa itu sendiri. Terlebih lagi bila Anda ingin memakainya dalam kurun waktu yang lama. Maka Anda harus mengeceknya apakah bisa bertahan dalam waktu yang lama atau tidak. Kemudian Anda juga bisa mengecek kekuatannya apakah bisa bertahan lama bila terkena panas dan hujan serta berkarat atau tidak. Anda juga harus tahu apakah pipa ini tahan bila ditanam di dalam tanah sehingga Anda tak perlu melakukan pergantian pipa terus-terusan. 

3.Proses Penyambungan Mudah 

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah proses penyambungan pipa HDPE itu sendiri. Pilihlah pipa yang bisa disambung dengan mudah. Tetapi, saat Anda ingin menyambung pipa, Anda akan memerlukan proses fitting. Untuk proses penyambungan Anda bisa memilih beberapa metode yaitu memakai lem perekat biasa atau solvent cement, dan memakai prosedur pemanasan untuk penyambungan pipa itu. Proses penyambungan tersebut pastinya mempunyai fungsi yang berbeda tergantung dengan jenis pipa yang akan disambung. Pipa HDPE biasanya akan tersambung sempurna dengan metode pelelehan. 

Tulisan ini dipublikasikan di BLOG. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *